Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Pilu Kakek Makmur, Kumpulkan Uang untuk Beli Kain Kafan Malah Dijambret


 

Belum lama ini, viral sebuah video yang memperlihatkan aksi dua orang jambret yang terekam oleh CCTV. Diketahui, peristiwa ini terjadi di Jalan Kartini Kota Baubau, Sulawesi Tenggara pada Sabtu (28/11) lalu.

Dalam video yang diunggah di akun Instagram @smart.gram pada Minggu (29/11) ini, memperlihatkan kawanan jambret melancarkan aksinya dengan menggunakan sepeda motor, dan merampas uang dari seorang kakek pengemis di pinggir jalan.

Di video itu, terlihat kakek tersebut mencoba mempertahankan tasnya, hingga sempat tersungkur. Sayangnya, kawanan jambret itu berhasil membawa lari uang sang kakek.

Video ini langsung menarik perhatian warganet. Pasalnya, sang kakek yang akhirnya ditolong warga, tak kuasa menahan tangis karena uangnya diambil kawanan jambret tersebut. Ternyata, ada alasan pilu di balik tangisan kakek ini.Dalam video lain yang diunggah di akun @smart.gram, diketahui kakek ini bernama La Makmur, yang berusia 70 tahun. Saat ditanya warga, kakek ini menjelaskan kronologi kejadian yang menimpanya.

Awalnya, kedua pelaku mengajak kakek itu makan. Namun, Ia menolak dan kedua pelaku langsung merampas isi tas yang ada di pangkuannya.Saat ditolong warga pasca kejadian, kakek ini tak kuasa menahan tangisnya saat menceritakan kejadian yang baru saja terjadi kepadanya.

Ia mengaku, uang yang diambil kawanan jambret tersebut adalah uang yang Ia kumpulkan dari hasil meminta-minta selama dua bulan. Mirisnya, uang ini ternyata Ia kumpulkan untuk persiapan membeli kain kafannya.

Kejadian yang menimpa kakek ini sontak membuat warganet ikut merasa iba dan langsung membanjiri kolom komentar. Banyak yang kasihan melihat kondisi kakek ini dan ikut geram dengan aksi pelaku.  

"YaAllah jahat banget itu orang," tulis akun @ageng.nirvana.

"Menangis liat video ini. Tega sekali yg ngejambret," tulis akun @nukenabila.

Bahkan, ada sebagian warganet yang berinisiatif membuka donasi untuk membantu kakek ini.

"Open donasi yok bisa," tulis akun @rraflisetiawan__'s.

"Open donasi donk yg deket dan amanah," tulis akun @agung_slim.

“Untuk beli kain kafanku kasihan. Cuman itu uangku sudah tidak ada lagi,” katanya di video itu.